Selasa, 27 November 2012

Ekonomi Koperasi BAB XI



Peranan Koperasi

Peranan Koperasi dalam berbagai bentuk pasar berdasarkan sifat dan bentuknya, pasar  diklasifikasikan menjadi 2 macam :
  1. Pasar dengan persaingan sempurna (perfect competitive market).
  2. Pasar dengan persaingan tak sempurna (imperfect competitive market)
yaitu :Monopoli, Persaingan Monopolistik (monopolistik competition), dan Oligopoli

a.      Peranan Koperasi dalam Persaingan Sempurna (perfect competitive market)
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
-          Adanya penjual dan pembeli yang sangat banyak
-          Produk yang dijual perusahaan adalah sejenis (homogen)
-          Perusahaan bebas untuk mesuk dan keluar
-          Para pembeli dan penjual memiliki informasi yang sempurna

b.      Peranan Koperasi dalam Pasar Monopolistik
Ciri-ciri pasar monopolistik :
-          Banyak pejual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
-          Produk yang dihasilkan tidak homogen
-          Ada produk substitusinya
-          Keluar atau masuk ke industri relatif mudah
-          Harga produk tidak sama disemua pasar, tetapi berbeda-beda sesuai dengan keinginan penjualnya

c.       Koperasi dalam pasar Monopsoni
Ciri-ciri pasar monopsoni :
-          Bentuk pasar yang dilihat dari segi permintaan pembeliannya
-          Interaksi antara permintaan dan penawaran dimana permintaannya atau pembelinya hanya satu perusahaan

d.      Koperasi dalam Pasar Oligopoli
Ciri-ciri pasar oligopoli :
-          Struktur pasar dimana hanya ada beberapa perusahaan(penjual) yang menguasai pasar
-          Dua strategi dasar untuk Koperasi dalam pasar oligopoli yaitu strategi harga dan nonharga

SUMBER :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar